Don't Miss
Home / Kajian Islam / BERLAPANG DALAM MAJELIS
BERLAPANG DALAM MAJELIS

BERLAPANG DALAM MAJELIS

majlis_ilmu

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انشُزُوا فَانشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS Al-Mujadilah : 11)

 

Sering kita dengar ketika akan melakukan kajian ilmiah (ilmu) apapun sang Pemateri selalu menganjurkan untuk Berlapang-lapang dalam bermajelis, tetapi sedikit sekali yang bisa memahami maksud dari anjuran yang Rosululloh ajarkan kepada para sahabat pada waktu itu.

Saya akan sedikit meneliti dan menelaah apa maksud lain dari Berlapang-lapang dalam majelis ini.?!

majlis_ilmu_InsanMajelis Ilmu

Majelis bermakna “tempat duduk”, sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia majelis adalah pertemuan, kumpulan, tempat sidang. Sedangkan ilmu bermakna adalah pengetahuan tetang sesuatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu.

Sedangkan makna berlapang-lapang dalam majelis ilmu yaitu sebuah sikap keterbukaan mental dan cakrawala berfikir seseorang dalam mencari, menelaah, mengkaji dan mempelajari ilmu. Membuka segala kemampuan berfikir tanpa dibatasi apapun guna mencari titik temu atau kesimpulan dari sebuah Arti, definisi dan makna.

“Dalam tubuh manusia ada segumpal daging (otak) dan jika daging ini baik maka baik pula seluruh tubuh, namun jika ia buruk maka buruk pula seluruh tubuh”. Otak adalah pusat neuron manusia yg berisi jutaan memory dengan kapasitas tampung hingga melebihi tekhnologi super computer tercanggih yang ada. Ia berisi 1000 milyar sell yang setiap sellnya mampu menginput jutaan informasi yang diterima otak melalui alat indra yang tersedia, mulai dari rasa, suara, suhu, cahaya, warna, aroma, bau, dlsb.

Dalam otak jutaan sell terhubung dengan sebuah kelenjar sell yang disebut Sinape (sinapsis). Pada setiap neuron, terminal aksonnya membengkak membentuk suatu tonjolan kecil yang disebut tombol sinapsis. Permukaan membran tombol sinapsis ini dinamakan membran prasinapsis yang menghantarkan impuls dari terminal sinapsis menuju dendrit atau badan sel berikutnya. Impuls tersebut akan diterima oleh permukaan membran dendrit atau badan sel yang dituju. Membran yang demikian dinamakan membran pascasinapsis. Di antara kedua membran ini dipisahkan oleh suatu celah yang disebut celah sinapsis.

Semakin jaringan antar neuron terhubung maka semakin luas pula sinapsis yang aktif dalam otak. Sinapsis merupakan penghubung atau jembatan pengetahuan antar neuron maka jika sinapsisnya tidak mengalami perkembangan itu artinya daya fikir seseorang juga akan mengalami stagnan bahkan kemunduran cara berfikir. Mengaktifkan sinapsis seperti mencoba hal-hal baru dalam cara berfikir, berpersepsi, sudut pandang dan aktivasi otak yang lebih maksimal.

Sehingga dengan kata lain berlapang-lapang dalam majelis ilmu ialah sebuah sikap berlapang/membuka setiap masukan, sudut pandang, perspektif, persepsi dan argument dari setiap peserta majelis yang bertujuan membuka sekat-sekay kekakuan dalam mencari ilmu, sehingga hal-hal yang bersifat baru, segar dan “out of the box” bahkan.. bisa diterima sebahai khasanah keilmuan.

Selain itu berlapang-lapang juga bermakna berlapang/membuka hati (berlapang dada/besar hati) manakala dalam sebuah kajian ilmu terjadi perang argumentasi sehingga ada diperlukanya kelapangan hati/jiwa. Ada istilah “kepala boleh panas, tapi hati harus tetap dingin”.

Semoga bermanfaat ..Wallahu ‘allam bishawab.
berlapang_dalam_majlis_ilmu

oleh : Achmad Subarda

About uce

maju terus pantang mundur! aku mah gitu orangnya

One comment

  1. Saved as a favorite, І like your web site!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top